Pindah

Sudah lama sekali saya tidak menulis disini. Kesibukan di tempat lain tentu saja adalah kambing hitam yang paling mudah. Tapi mirip dengan kaidah dalam fiqh [1], apa yang tidak bisa saya gapai keseluruhannya tidaklah serta merta saya tinggalkan sama sekali. Karena itulah posting kali ini pun tercipta.

Sekarang saya bekerja di industri, hal yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan dan bahkan tidak pernah terbersit dalam lamunan. Apakah saya sudah tidak suka penelitian? Jawabannya tidak, saya masih suka penelitian. Kebetulan posisi saya di industri sekarang sangat kental Research & Development (R&D)-nya. Bidang saya sekarang pun masih dekat dengan penelitian saya sebelumnya, akustik dan mekanika fluida.

Segalanya terjadi begitu cepat. Beberapa bulan yang lalu pembimbing PhD saya (CD) mengumumkan di sebuah grup facebook bahwa ada lowongan pekerjaan R&D di sebuah perusahaan. Saya ketika itu hanya “like” saja, sama sekali tidak ada pikiran untuk pindah kerja. Akan tetapi tiba-tiba, CD langsung bertanya ke saya. Kemudian karena terlanjur “like”, saya pun kirim email seadanya ke CD untuk menanyakan detil pekerjaan tersebut. Jawaban emailnya ternyata langsung di-cc ke bos perusahaan tersebut, kemudian wawancara dan semuanya terjadi sangat cepat. Mungkin karena kantornya di gedung yang sama dengan kantor saya, cuma lantainya yang beda. Kebetulan, mungkin ada pengaruhnya juga, bos tersebut dulu fisikawan juga.

Menjadi peneliti untuk industri adalah hal yang belum pernah saya coba, dan terus terang saya merasa perlu untuk memperkaya pengalaman saya. Sejak dulu saya ingin sekali bekerja di lingkungan akademik. Tetapi, apakah preferensi ini muncul karena tidak adanya pengalaman di tempat lain? Saya tidak akan pernah tahu jika tidak pernah mencoba. Mungkin inilah saatnya memulai eksperimen yang baru dalam hidup saya. Apalagi posisi puncak di akademik sudah sangat tersaturasi. Sebenarnya seorang peneliti dengan gelar PhD pada akhirnya pindah ke industri bukanlah hal yang tidak biasa. Ini dapat dilihat dari skema yang saya dapatkan dari internet berikut ini (link file pdf)

Academic.Metabolismacademetabolism

Menarik juga untuk saya beritahukan, bahwa saya sudah mencoba untuk mengikuti tes menjadi dosen PNS di Indonesia. Sayang sekali saya tidak berhasil. Kemungkinan besar karena jadwal wawancara terakhir bertepatan dengan jadwal umrah saya dan keluarga. Pengumuman jadwal wawancara yang sangat mepet ketika itu sangat menyebalkan bagi saya. Sampai saya mencoba mengirimkan surat resmi ke pihak rektorat, tapi tidak ada tanggapan yang berarti karena ini adalah wewenangnya Kemdikbud. Jadi saya akhirnya pasrah saja dengan takdir Allah. Hikmahnya, mungkin, saya memang belum siap untuk berdjoeang di Indonesia. Untuk kenang-kenangan, ini snapshot dari kartu ujian saya.🙂

kartucpns

Meskipun ada perbedaan mendasar mengenai keluaran (output) yang diharapkan dari bekerja di industri dan akademik, secara operasional saya hampir tidak merasakan bedanya. Apalagi banyak sekali funding riset yang sekarang bersifat aplikatif, dengan tujuan akselerasi pertumbuhan ekonomi suatu negara. Sayangnya akses saya ke jurnal-jurnal akademik menjadi sangat terbatas. Untuk Elsevier (Science Direct) saya masih bisa mendownload sendiri karena menjadi reviewer beberapa saat yang lalu. Untuk yang lain, saya terpaksa minta tolong kenalan-kenalan saya.

Sejauh ini saya cukup menikmati suasana baru, semoga saja pilihan yg sudah saya pikir dengan cukup masak [2] ini adalah pilihan yang terbaik untuk periode ini.

Notes:

[1] Kaidahnya berbunyi: ما لا يدرك كله لا يترك كله. Kaidah fiqh yang penting ini dibahas dengan singkat tapi cukup memuaskan di halaman ini.
[2] Salah satu sunnah yang sepertinya kadang dilupakan kaum muslimin dalam pengambilan keputusan kehidupan adalah shalat istikharah. Bagi yang membutuhkan, panduan shalat istikharah bisa dibaca di sini.

Tinggalkan Balasan

