Riset anda dalam 5 menit

Beberapa perkataan bisa jadi mencerahkan

Ada beberapa hal yang membuat saya berpikir akan pentingnya kemampuan untuk menjelaskan topik riset anda dalam 5 menit, khususnya kepada masyarakat awam.

Pertama, saya terinspirasi dari sebuah acara di TV lokal mengenai investasi di startup company teknologi. Para pendiri startup harus meyakinkan angel investor (penyandang dana) bahwa yg mereka jual itu menarik dalam beberapa menit saja. Bila berhasil, maka baru diundang untuk memberikan presentasi yang lebih lengkap. Jika berhasil, maka dana bisa dicairkan.

Kedua, saya sering sekali ditanya oleh kenalan, teman dan keluarga mengenai topik riset saya. Karena kebanyakan mereka awam dalam dunia riset, proses penjelasan pun menjadi menantang. Jika penjelasan saya bertele-tele, malah bisa jadi maksudnya justru tidak sampai ke pendengar sama sekali.

Terus terang sampai sekarang pun saya masih kesulitan untuk melakukannya dengan memuaskan. Tapi ada beberapa poin yang mungkin bisa membantu, sependek pikiran saya.

1. Mulai dengan manfaat bagi manusia yang potensial untuk dihasilkan oleh riset tersebut. Saya pikir hal ini adalah yang biasanya paling mudah dimengerti, dan paling mampu membangkitkan minat pendengar.

2. Dilanjutkan dengan penjelasan sangat singkat bagaimana melakukan riset untuk mencapai manfaat tersebut. Usahakan jangan sampai ada jargon atau istilah ‘ilmiah’ sama sekali. Analogikan dengan fenomena yang dilihat sehari-hari oleh kebanyakan orang.

3. Jangan terburu-buru dalam memberikan penjelasan, tapi juga jangan terlalu lambat hingga membosankan.

4. Ekspresikan rasa cinta anda terhadap bidang riset anda ketika menjelaskannya. Tersenyumlah dan pasang wajah bahagia anda.

5. Usahakan berbicara dalam satu bahasa, tidak campur-campur beberapa bahasa.

Semoga berhasil!

Tinggalkan Balasan

